FILSAFAT ILMU - Husnun Najib (18601241075)

Timeline created by Husnun Najib
  • Period:
    1,500 BCE
    to
    1,250 BCE

    Revolusi internal bangsa yahudi (exodus)

    Eksodus Yahudi Iran mengacu pada emigrasi Yahudi Persia dari Iran pada 1950-an dan gelombang migrasi kemudian dari negara itu selama dan setelah Revolusi Iran 1979, di mana komunitas 80.000 turun menjadi kurang dari 20.000. Migrasi orang Yahudi Persia setelah Revolusi Iran sebagian besar disebabkan oleh ketakutan akan penganiayaan agama, kesulitan ekonomi dan ketidakamanan setelah deposisi rezim Kekaisaran, akibat kekerasan dalam rumah tangga dan Perang Iran-Irak .
  • Period:
    -640 BCE
    to
    -546 BCE

    Aliran Filsafat Alam Semesta

    Filsafat alam (dari bahasa Latin philosophia naturalis) adalah istilah yang melekat pada pengkajian alam dan semesta fisika yang pernah dominan sebelum berkembangnya ilmu pengetahuan modern. Filsafat alam dipandang sebagai pendahulu ilmu alam semisal fisika.
    Thales dari Miletos adalah seorang filsuf yang mengawali sejarah filsafat Barat pada abad ke-6 SM
  • Period:
    -572 BCE
    to
    -487 BCE

    Pythagoras

    bahwa bilangan merupakan intisari dari semua benda maupun dasar pokok dari sifat-sifat benda.
  • Period:
    -570 BCE
    to
    -495 BCE

    Pythagoras

    Pythagoras dari Samos (lahir sekitar tahun 570 SM - meninggal sekitar tahun 495 SM) adalah seorang filsuf Yunani Ionia kuno dan perintis aliran pythagoreanisme. Ajaran politik dan keagamaannya dikenal di kawasan Magna Graecia pada masanya dan telah memengaruhi pemikiran Plato dan Aristoteles, sehingga secara tidak langsung ia juga telah berdampak terhadap perkembangan filsafat Barat.
  • Period:
    -469 BCE
    to
    -399 BCE

    Socrates

    suatu peninjauan diri yang bersifat reflektif atau perenungan terhadap asas-asas dari kehidupan yang adil dan bahagia ( principle of the just and happy life ).
  • Period:
    -427 BCE
    to
    -347 BCE

    Plato

    pencarian yang bersifat spekulatif atau perekaan terhadap pandangan tentang seluruh kebenaran.
  • Period:
    -384 BCE
    to
    -322 BCE

    Aristoteles

    ilmu tentang asas-asas pertama (the science of first principles) dan sebagai suatu ilmu yang menyelidiki peradaan sebagai peradaan dan ciri-ciri yang tergolong pada objek itu berdasarkan sifat alaminya sendiri.
  • Period:
    -287 BCE
    to
    -212 BCE

    Archimedes

    Archimedes dari Syracusa (sekitar 287 SM - 212 SM). Ia adalah ahli matematika dan penemu dari Yunani yang terkenal. Ia belajar di kota Alexandria, Mesir. Pada waktu itu yang menjadi raja di Sirakusa adalah Hieron II, sahabat Archimedes. Archimedes sendiri adalah seorang matematikawan, astronom, filsuf, fisikawan, dan insinyur berbangsa Yunani.
  • Period:
    -284 BCE
    to
    -269 BCE

    Platonius

  • Period:
    -106 BCE
    to
    -43 BCE

    Marcus Tullius Cicero

    filsafat ialah ars vitae (the art of life) yang dapat diartikan pengetahuan kehidupan.
  • Period:
    30
    to
    33

    Penyaliban dan kematian Yesus

    Kematian Yesus Kristus Sang Juru Selamat Manusia terjadi pada abad ke-1 Masehi, diperkirakan antara tahun 30-33 M. Menurut penanggalan Yahudi, Ia mati tergantung di atas salib. Hukuman mati dengan disalibkan dijatuhkan atas perintah gubernur Kerajaan Romawi untuk provinsi Yudea, Pontius Pilatus. Catatan yang paling detail ditemukan di kitab-kitab Injil dalam bagian Perjanjian Baru Alkitab Kristen.
  • 303

    Penindasan Diokletianus

    Penindasan Diokletianus
    Penganiayaan Diokletianus atau Penganiayaan Besar, adalah penganiayaan atau penindasan terakhir dan yang paling berat terhadap umat Kristen di Kekaisaran Romawi.Pada tahun 303, Kaisar Diokletianus, Maximianus, Galerius, dan Konstantius mengeluarkan serangkaian maklumat atau dekret yang mencabut hak hukum umat Kristen dan meminta agar mereka mengikuti praktik-praktik keagamaan Romawi tradisional.
  • Aug 6, 611

    Diangkatnya Nabi Muhammad menjadi rasul nabi terakhir umat islam

    Diangkatnya Nabi Muhammad menjadi rasul nabi terakhir umat islam
    Muhammad pertama kali diangkat menjadi rasul pada malam hari tanggal 17 Ramadhan/ 6 Agustus 611 M, diriwayatkan Malaikat Jibril datang dan membacakan surah pertama dari Quran yang disampaikan kepada Muhammad, yaitu surah Al-Alaq. Muhammad diperintahkan untuk membaca ayat yang telah disampaikan kepadanya, namun ia mengelak dengan berkata ia tak bisa membaca. Jibril mengulangi tiga kali meminta agar Muhammad membaca, tetapi jawabannya tetap sama.
  • Mar 13, 624

    Perang Badar

    Perang Badar
    Pertempuran Badar , adalah pertempuran besar pertama antara umat Islam melawan musuh-musuhnya. Perang ini terjadi pada 17 Ramadan 2 H (13 Maret 624). Pasukan kecil kaum Muslim yang berjumlah 313 orang bertempur menghadapi pasukan Quraisy dari Mekkah yang berjumlah 1.000 orang. Setelah bertempur habis-habisan sekitar dua jam, pasukan Muslim menghancurkan barisan pertahanan pasukan Quraisy, yang kemudian mundur dalam kekacauan.
  • 625

    Perang Uhud (islam)

    Perang Uhud (islam)
    Perang Uhud adalah salah satu peperangan terkenal antara Nabi Muhammad saw dengan kaum musyrikin Mekah yang terjadi pada tahun ke-3 H/625 di samping gunung Uhud. Setelah kaum Quraisy mengalami kekalahan di perang Badar, mereka dengan komandan Abu Sufyan hendak menuntut balas atas orang-orang Quraisy yang terbunuh pada perang Badar.
  • 630

    Pembebasan kota mekkah

    Pembebasan kota mekkah
    Pembebasan Mekkah merupakan peristiwa yang terjadi pada tahun 630 tepatnya pada tanggal 10 Ramadan 8 H, di mana Nabi Muhammad beserta 10.000 pasukan bergerak dari Madinah menuju Mekkah, dan kemudian menguasai Mekkah secara keseluruhan tanpa pertumpahan darah sedikitpun, sekaligus menghancurkan berhala yang ditempatkan di dalam dan sekitar Ka'bah.
  • Period:
    711
    to
    718

    Islam menaklukkan Hispania (lberia, Portugal, spanyol)

    Penaklukan Hispania oleh Umayyah (711–718) dimulai saat pasukan Kekhalifahan Umayyah, sebagian besar terdiri dari Muslim Berber dari Afrika Barat Laut menyerang Hispania (sekarang Iberia; Portugal dan Spanyol) yang dikuasai oleh Kristen Visigoth pada tahun 711.
  • Period:
    750
    to
    1258

    Abad masa keemasan islam

    Zaman Kejayaan Islam (750 M - 1258 M) adalah masa ketika para filsuf, ilmuwan, dan insinyur dari Dunia Islam menghasilkan banyak kontribusi terhadap perkembangan teknologi dan kebudayaan, baik dengan menjaga tradisi yang telah ada ataupun dengan menambahkan penemuan dan inovasi mereka sendiri.
  • Period:
    850
    to
    923

    Al Battani merupakan seorang astronom yang berhasil menemukan hitungan dalam satu tahun terdapat 365 hari, 5 jam, 46 menit, dan 24 detik

    Berkat pengamatan al-Battani, kini kita bisa mengetahui dalam setahun terdapat 365 hati, 5 jam, 46 menit, dan 24 detik. Penemuan ahli astronomi sekaligus pakar matematika Muslim itu dinilai akurat.
    Keakuratannya bahkan membuat ahli matematika asal Jerman bernama Christopher Clavius menggunakan hitungan al-Battani untuk memperbaiki kalender Julian. Setelah mendapat izin dari Paus Gregorius XIII, kalender diubah dan mulai digunakan pada 1582.
  • 875

    Abbas Bin Firnas menciptakan sebuah alat terbang bersayap menyerupai burung dan berhasil menerbangkannya di Cordoba, Spanyol

    Abbas Bin Firnas menciptakan sebuah alat terbang bersayap menyerupai burung dan berhasil menerbangkannya di Cordoba, Spanyol
    Abbas Ibn Firnas merupakan ahli beberapa cabang ilmu, seperti matematika, fisika, astronomi, dan aerodinamika. Pada 875 Masehi, ia menciptakan sebuah pesawat kayu sederhana, kemudian menerbangkannya dengan dia sebagai pengendali atau pilotnya.
  • Period:
    980
    to
    1037

    Ibnu Sina, Ensiklopedia filsafat Kitab al-Shifa’ (The Book of Healing) dan The Canon of Medicine

    The Book of Healing adalah ensiklopedia ilmiah dan filosofis yang ditulis oleh Abu Ali ibn Sīna (alias Avicenna) dari Persia abad pertengahan , dekat Bukhara di Maverounnahr .
    The Canon of Medicine adalah ensiklopedia kedokteran dalam lima buku. Ini menyajikan gambaran umum dari pengetahuan medis kontemporer dunia Islam , yang telah dipengaruhi oleh tradisi sebelumnya termasuk pengobatan Yunani-Romawi (khususnya Galen ), pengobatan Persia , pengobatan Cina dan pengobatan India .
  • Period:
    1096
    to
    1271

    Perang salib

    Perang Salib yang paling terkenal adalah perang-perang perebutan Tanah Suci melawan kaum Muslim di kawasan timur Mediterania antara tahun 1096 sampai tahun 1271. Sejak abad ke-12, ada pula Perang Salib melawan orang Moro Iberia, Perang Salib melawan Kekaisaran Turki Utsmaniyah, dan Perang Salib untuk maksud-maksud lain, termasuk untuk memerangi kaum pagan, memberantas kaum bidah, dan menuntaskan silang sengketa di antara pihak-pihak yang sama-sama beragama Kristen Katolik.
  • Period:
    1224
    to
    1274

    Thomas Aquinas, Tuhan sbg “ ada yang tak terbatas” dan zat tertinggi

    Thomas mengajarkan Allah sebagai "ada yang tak terbatas" (ipsum esse subsistens). Allah adalah "zat yang tertinggi", yang memunyai keadaan yang paling tinggi. Allah adalah penggerak yang tidak bergerak.
  • Period:
    1224
    to
    1274

    Thomas Aquinas, Filsafat aliran Perenialisme

    Perenialisme pendidikan adalah salah satu aliran dalam pendidikan yang muncul pada abad ke-20an. Parenialisme lahir sebagai reaksi terhadap pendidikan progresif. Parenialisme menentang pandangan progresivisme yang memfokuskan terhadap perubahan sesuatu yang baru.

    Jalan yang ditempuh oleh kaum perenialisme adalah jalan yang mundur ke belakang, yaitu dengan memakai kembali nilai-nilai serta prinsip-prinsip umum yang sudah menjadi pandangan hidup yang kuat
  • Period:
    1225
    to
    1274

    Konsepsi Abad Tengah

    Abad Pertengahan dalam sejarah Eropa berlangsung dari abad ke-5 sampai abad ke-15 Masehi. Abad Pertengahan bermula sejak runtuhnya Kekaisaran Romawi Barat dan masih berlanjut manakala Eropa mulai memasuki Abad Pembaharuan dan Abad Penjelajahan. Thomas Aquinas merupakan seorang pemikir politik mengenai negara, beliau lahir pada tahun 1225 M – 1274 M. Pemikiran-pemikiran Thomas Aquinas dipengaruhi oleh filsuf Aristoteles.
  • Period:
    1347
    to
    1351

    Black Death atau Pembataian orang-orang Yahudi

    Penindasan dan pembantaian Wabah Hitam adalah serangkaian serangan kekerasan terhadap komunitas Yahudi yg dituduh merebakkan Wabah Hitam di Eropa.
    Umat Kristen membenci Yahudi karena mereka tak percaya Yesus Kristus. Saat wabah menerjang belahan Eropa pd pertengahan abad ke-14, melenyapkan nyaris setengah populasi, Yahudi dicap sbg kambing hitam, karena mereka tampak kurang berdampak ketimbang suku bangsa lainnya. Tuduhan menyebar bahwa Yahudi menyebabkan penyakit tersebut dgn meracuni sumur.
  • 1450

    penemuan Mesin Cetak

    penemuan Mesin Cetak
    Penemuan ini telah mengubah seluruh Eropa Barat pada abad ke-16 dengan berbagai teks pengetahuan pada beragam topik.
  • 1453

    Muhammad Al Fatih menguasai konstatinopel pada usia 21 tahun

    Muhammad Al Fatih menguasai konstatinopel pada usia 21 tahun
    Sultan Muhammad Al Fatih sudah diangkat menjadi sultan ketika usianya baru menginjak 12 Tahun. Mendapat julukan Al Fatih (sang penakluk) karena telah berhasil menaklukkan Konstantinopel dan dilakukan pada saat usianya masih 21 Tahun
  • 1510

    Penemuan jam tangan asal Jerman oleh Peter Henlein

    Penemuan jam tangan asal Jerman oleh Peter Henlein
    Peter Henlein disebut juga sebagai bapak jam modern. Sedikit diketahui tentang kehidupan awalnya, namun diketahui ia sebagai tukang reparasi dan tukang kunci.
    Catatan sejarah menunjukkan bahwa jam pertama Peter dibuat pada 1510. Pada 1541 dia dikenal karena keahliannya dan telah ditugaskan untuk tidak hanya membangun jam kecil tapi juga menara besar untuk kastil Lichtenau.
  • 1517

    Nicolaus Copernicus, Teori Kuantitas Uang

    Nicolaus Copernicus, Teori  Kuantitas Uang
    Teori Kuantitas Uang, yaitu gagasan yang menyatakan bahwa jumlah uang yang beredar sebanding dengan harga barang, atau semakin tinggi jumlah uang, maka harga barang akan naik secara proposional mengikuti jumlah uang tersebut.
  • 1543

    Konsep heliosentris, Copernicus

    Konsep heliosentris, Copernicus
    Heliosentrisme adalah model astronomi yang mana bumi mengelilingi matahari yang berada pada pusat tata surya. Secara historis, heliosentrisme bertentangan dengan geosentrisme, yang menempatkan Bumi di pusat alam semesta.
    Diskusi mengenai kemungkinan heliosentrisme terjadi sejak zaman klasik. Barulah ketika abad ke-16 dapat ditemukan suatu model matematis dapat meramalkan secara lengkap sistem heliosentris, yaitu Nicolaus Copernicus, seorang ahli matematika dan astronom.
  • Period: to

    Thomas Hobbes, Filsafat Aliran Materialisme

    Menurut Thomas Hobbes materialisme menyangkal adanya jiwa atau roh karena keduanya hanyalah pancaran dari materi. Dapat dikatakan juga bahwa materialisme menyangkal adanya ruang mutlak lepas dari barang-barang material.
  • Teleskop pertama kali dibuat oleh Hans Lippershey

    Teleskop pertama kali dibuat oleh Hans Lippershey
    Teleskop pertama kali diciptakan dengan dua lensa di dalam tabung yang terbuat dari kayu. Teleskop pertama ini dibuat oleh Hans Lippershey pada 1608 dan diberi nama ”The Dutch Perspective Glass“.
    Teropong bintang yang diciptakan ini kabarnya hanya mampu melakukan tiga kali pembesaran. Teleskop karya Lippershey sekaligus mengonfirmasi bahwa ia sebagai penemu teleskop pertama, namun penyempurnaan dilakukan oleh Galileo Galilei.
  • Reno Descartes, Bapak Matematika (Meditationes de prima philosophia)

    Reno Descartes, Bapak  Matematika (Meditationes de  prima philosophia)
    René Descartes adalah seorang filsuf dan matematikawan Perancis (Renatus Cartesius dalam literatur berbahasa Latin), dan penulis yang menghabiskan sebagian besar hidupnya di Belanda. Dia dijuluki "Bapak Filsafat Modern" dan "Bapak Matematika Modern". Karyanya yang terpenting ialah Discours de la méthode (1637) dan Meditationes de prima Philosophia (1641).
  • Period: to

    Christian von Wolff

    ilmu tentang hal yang mungkin sejauh dapat ada (the science of the possible in so faras they can be) preliminary discourse on philosophy in general.
  • Issac Newton, Teori Gaya Gravitasi

    Issac Newton, Teori Gaya Gravitasi
    Sir Isaac Newton, tokoh yang satu ini merupakan tokoh dunia yang sangat terkenal dengan penemuan – penemuan cerdasnya yg sangat berperan penting untuk perubahan dunia. Beliau merupakan seorang penemu Hukum Newton dan gravitasi bumi yang sampai saat ini semua perhitungannya dalam ilmu fisika masih relevan dan digunakan. Bahkan menjadi salah satu bidang keilmuwan yg banyak dipelajari.
    Isaac Newton mendapatkan pemikiran mengenai teori gravitasi ini ketika beberapa apel yang jatuh ke kepalanya.
  • Period: to

    Teori Dialektika, teori ini bukan hanya individual tetapi juga teori penelitian

  • Teori industri elektromagnetik, Michael Faraday

    Teori industri elektromagnetik, Michael Faraday
    Hukum Faraday dalam teori induksi elektromagnetik adalah mengubah medan magnet untuk menghasilkan medan listrik.
    Induksi elektromagnetik (dikenal juga dengan hukum Faraday) adalah proses di mana konduktor ditempatkan di medan magnet yang berubah (atau konduktor yang bergerak melalui medan magnet stasioner) menyebabkan produksi tegangan melintasi konduktor. Proses induksi elektromagnetik ini, pada gilirannya, menyebabkan arus listrik dikatakan untuk menginduksi arus.
  • Period: to

    William James, Pragmatisme adalah realitas sebagaimana yang kita ketahui

    William James mengatakan bahwa secara ringkas pragmatisme adalah realitas sebagaimana yang kita ketahui. Untuk mengukur kebenaran suatu konsep seseorang harus mempertimbangkan apa konsekuensi logis penerapan konsep tersebut
  • Period: to

    Filsafat aliran progresivisme, William James

    Aliran progresivisme berasal dari kata progres yang artinya kemajuan. Progresivisme merupakan aliran filsafat pendidikan yang mempunyai keinginan dalam kemajuan-kemajuan secara cepat, yang mana kemajuan tersebut menghasilkan sebuah perubahan. Progresivisme ini termasuk aliran filsafat pendidikan yang modern.
    Progresivisme ini bermuara pada pragmatisme dimana pragmatisme ini dikenalkan oleh William James
  • Teori hukum Kirchoff, Gustav Robert Kirchhoff

    Teori hukum Kirchoff, Gustav Robert Kirchhoff
    Ada 3 konsep teori fisika berbeda yang kemudian dinamai berdasarkan namanya yakni “Hukum Kirchhoff”, masing-masing dibagi kedalam teori rangkaian listrik, termodinamika, dan spektroskopi. Dia merumuskan hukum rangkaian listrik yang saat ini digunakan pada rekayasa listrik pada 1845 saat dia masih menjadi seorang mahasiswa.
  • Teori Evolusi, Darwin

    Teori Evolusi, Darwin
    Charles Darwin menyatakan bahwa evolusi terjadi melalui proses seleksi alam. Makhluk hidup yang mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya dapat bertahan hidup. Sedangkan, makhluk hidup yang tidak dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya, tidak akan bertahan hidup atau mati.
  • Period: to

    Aliran Filsafat Idealisme Objektif William Ernest Hocking

    William E. Hocking, seorang penganut idealisme modern, mengungkapkan bahwa, sebutan ”ide-isme” kiranya lebih baik dibandingkan dengan idealisme. Hal itu benar, karena idealisme lebih berkaitan dengan konsep-konsep “abadi” (ideas), seperti kebenaran, keindahan, & kemuliaan daripada berkaitan dengan usaha serius dengan orientasi keunggulan yang bisa dimaksudkan ketika kita berucap, “Dia sangat idealistik”.
  • Period: to

    Aliran Filsafat Empirisme Logis, Moritz Schlick

    Positivisme logis (disebut juga sebagai empirisme logis, empirisme rasional, dan juga neo-positivisme) adalah sebuah filsafat yang berasal dr Lingkaran Wina pada tahun 1920-an. Positivisme Logis berpendapat bahwa filsafat harus mengikuti rigoritas yang sama dgn sains. Filsafat hrs dpt memberikan kriteria yang ketat untuk menetapkan apakah sebuah pernyataan adalah benar, salah atau tidak memiliki arti sama sekali.
    Tokoh-tokoh yang menganut paham positivisme logis ini salah satunya Moritz Schlick
  • Albert Einstein, Teori Relativitas umum

    Albert Einstein, Teori Relativitas umum
    Relativitas umum (Inggris: general relativity) adalah sebuah teori geometri mengenai gravitasi yang diperkenalkan oleh Albert Einstein pada 1916. Teori ini merupakan penjelasan gravitasi termutakhir dalam fisika modern. Ia menyatukan teori Einstein sebelumnya, relativitas khusus, dengan hukum gravitasi Newton.
  • Teori adanya lubang hitam, Karl Schwarzschild

    Teori adanya lubang hitam, Karl Schwarzschild
    Lubang hitam adalah bagian dari ruang waktu yang merupakan gravitasi paling kuat, bahkan cahaya tidak bisa kabur. Di sekitar lubang hitam ada permukaan yang disebut horizon peristiwa. Objek ini disebut "hitam" karena menyerap apapun yang berada disekitarnya dan tidak dapat kembali lagi, bahkan cahaya. Secara teoretis, lubang hitam dapat memliki ukuran sebesar apa pun, dari mikroskopik sampai ke ukuran alam raya yang dapat diamati.
  • Pembataian oleh kekaisaran ottonom terhadap umat kristen armenia

    Pembataian oleh kekaisaran ottonom terhadap umat kristen armenia
    Genosida Armenia, dikenal pula sebagai Pembantaian Armenia , adalah pemusnahan sistematik oleh Utsmaniyah terhadap penduduk minoritas Armenia di tanah air historis mereka di kawasan yang kini menjadi Republik Turki. Kelompok etnis penduduk asli dan Kristen lainnya seperti bangsa Assyria, Yunani dan kelompok-kelompok minoritas lainnya juga menjadi sasaran pembantaian oleh pemerintah Utsmaniyah.
  • Teori informasi, Claude Shannon

    Teori informasi, Claude Shannon
    teori informasi adalah cabang dari matematika peluang dan statistik, yang berkaitan dengan konsep informasi dan entropi informasi seperti telah dijelaskan di atas. Claude Shannon (1916-2001) dikenal sebagai "bapak dari teori informasi". Shannon mendefinisikan pengukuran dari entropi informasi (dalam bit).
  • Galileo Galilei, Matahari pusat Galaksi

    Galileo Galilei, Matahari pusat Galaksi
    Galileo Galilei adalah salah satu ilmuwan paling penting dalam sejarah. Pengamatan astronominya merevolusi gambaran alam semesta. Alat bantu utamanya: teleskop.
  • Penemuan pertama layar sentuh resistif oleh penemu asal Amerika, Dr. G Samuel Hurst

    Penemuan pertama layar sentuh resistif oleh penemu  asal Amerika, Dr. G Samuel Hurst
    Tahun 1970-an, layar sentuh resistif ditemukan oleh penemu asal Amerika, Dr. G. Samuel Hurst. Hurst menemukan layar sentuh resistif ini secara tidak sengaja. Temuan ini digambarkan dengan mempelajari fisika atom.
    Sam dan timnya menggunakan kertas konduktif elektrik untuk membaca koordinat x dan y. Gagasan itu mengarah ke layar sentuh pertama untuk komputer. Dengan prototipe ini, timnya dapat menghitung dalam beberapa jam apa yang harus diselesaikan berhari-hari.
  • iPod mengubah cara orang mendengarkan musik

    iPod mengubah cara orang mendengarkan musik
    iPod adalah merek serangkaian perangkat pemutar media digital yang dirancang dan dijual oleh Apple (Hewlett-Packard juga sempat menjual produk tersebut dengan nama Apple iPod + HP). Nama "iPod" juga dahulu merupakan nama salah satu varian pemutar media digital dalam rangkaian tersebut (varian ini kini disebut "iPod classic"). Sebagian besar varian iPod memberikan antarmuka pengguna (user interface) yang sederhana dengan menggunakan disain dalam bentuk roda putar (scroll wheel).
  • penemuan sebuah kawah meteorit lebar dengan panjang 31 kilometer ditemukan di bawah lapisan es di Greenland utara

    penemuan sebuah kawah meteorit lebar dengan panjang 31 kilometer ditemukan di bawah lapisan es di Greenland utara
    Sebuah tim internasional yang dipimpin oleh para peneliti dari Center for GeoGenetics di Natural History Museum of Denmark, University of Copenhagen telah menemukan sebuah kawah meteorit selebar 31-km yang terkubur di bawah lapisan es di Greenland utara. Ini adalah pertama kalinya jika sebuah kawah telah ditemukan di bawah salah satu lempeng es benua Bumi. Para peneliti bekerja selama tiga tahun terakhir untuk memverifikasi penemuan mereka, awalnya dilakukan pada tahun 2015.
  • Aksi 212(bela islam 3)

    Aksi 212(bela islam 3)
    Aksi 2 Desember atau yang disebut juga Aksi 212 dan Aksi Bela Islam III terjadi pada 2 Desember 2016 di Jakarta, Indonesia di mana sedikitnya ribuan massa kembali menuntut Gubernur DKI Jakarta nonaktif, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), yang telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan penistaan agama. Aksi ini juga dikenal dengan sebutan Aksi Damai 2 Desember.