Penjajahan Inggris

Timeline created by aira0903@highscopebintaro.s...
  • Indonesia mulai dikuasi Inggris

    Indonesia mulai dikuasi Inggris
    Indonesia mulai dikuasai Inggris pada tahun 1811. Saat itu wilayah Indonesia masih berada dibawah kekuasaan Perancis. Inggris menguasai wilayah Indonesia hanya dalam jangka waktu 5 tahun, yaitu tahun 1811-1816.
  • Belanda dan Inggris mengadakan perundingan damai dan menyatakan bahwa wilayah Indonesia dikembalikan sebagai jajahan Belanda.

    Belanda dan Inggris mengadakan perundingan damai dan menyatakan bahwa wilayah Indonesia dikembalikan sebagai jajahan Belanda.
    Pada tahun 1814, Perancis mengalami kekalahan melawan Inggris. Akibatnya, Perancis yang saat itu sedang menguasai Belanda harus menarik kekuasaannya dari Belanda. Selain itu, Belanda dan Inggris mengadakan perundingan damai dan menyatakan bahwa wilayah Indonesia dikembalikan sebagai jajahan Belanda.
  • Raffles merubah sejumlah sisten di Indonesia

    Raffles merubah sejumlah sisten di Indonesia
    Pemerintah Inggris di Indonesia dipimpin oleh Jenderal Thomas Standford Raffles. Raffles merubah sejumlah sistem di Indonesia. Beberapa diantaranya adalah menghapuskan sistem kerja rodi, menghapuskan sistem tanam paksa dan menggantinya dengan sistem sewa tanah, petani bebas menentukan jenis tanaman yang mereka tanam asalkan laku di pasar dunia dan membantu pengembangan ilmu pengetahuan, diantaranya pembuatan Kebun Raya Bogor.
  • Inggris harus menyerahkan kekuasaannya kembali pada Belanda

    Pada tahun 1815, terjadi kongres Wina yang menyatakan Inggris harus menyerahkan kekuasaannya kembali pada Belanda. Akhirnya Raffles pindah ke Singapura dan dengan demikian pada tahun 1816 berakhirlah masa pemerintahan Inggris di Indonesia.